Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil


 Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dokter saya mau bertanya mengenai posisi tidur yang baik bagi ibu hamil. bukankah disunahkan kita untuk tidur menghadap ke kanan. tapi kenapa dalam kedokteran banyak dikatakan bahwa ibu hamil diharuskan tidur menghadap ke kiri.. hal ini bertentangan dengan sunnah. apakah yang seharusnya..
syukran, jazakallahu khairan

Dari Feni Rahma

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Pada wanita hamil, memang disarankan untuk tidur menyamping, baik itu ke kanan maupun ke kiri, dengan tujuan untuk menjaga aliran darah tetap lancar ke rahim dan seluruh tubuh selama tidur.

Posisi menyamping khususnya ke kiri saat hamil menurut literatur obstetri dapat membantu menghindarkan rahim yang membesar dari menekan liver dan pembuluh darah besar, sehingga aliran darah ke jantung, rahim, dan ginjal terjaga lancar. Sehingga posisi menyamping ke kiri memang lebih dianjurkan, khususnya saat rahim mulai membesar dan berat, namun bukan suatu keharusan, apalagi sepanjang malam harus berbaring ke kiri.

Kami memandang bahwa hal itu tidak bertentangan dengan sunnah, karena seorang ibu hamil dapat memulai tidur dengan menghadap ke kanan sembari membaca do’a sebagaimana yang disunnahkan Nabi Shallallaahu’alaihi wa Sallam. Kemudian setelahnya ia dapat berbalik ke kiri dan ke kanan dikarenakan adanya keperluan, dalam hal ini adalah menjaga maslahat bagi janinnya, karena kaidah dalam agama menyatakan bahwa hal yang makruh menjadi mubah dengan adanya hajat (keperluan), maka terlebih lagi hal yang bukan makruh. Fatwa dari Syaikh Shalih al Munajjid menyatakan bahwa tidur menghadap ke kiri dibolehkan, namun orang yang melakukannya akan kehilangan pahala mengikuti sunnah Nabi Shallallaahu’alaihi wa Sallam.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Posting Komentar untuk "Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil"