Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Manfaat Tomat Bagi Tubuh Manusia?

 


Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah merah yang satu ini. Buah tomat dapat dimakan secara langsung ataupun ditambahkan pada aneka masakan favorit seluruh keluarga. Karena tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan, maka tak mengherankan jika buah tersebut mengandung berbagai nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh anda. Mungkin tak pernah anda sadari, buah tomat memiliki manfaat yang begitu dahsyat bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat tomat bagi kesehatan tubuh tersebut. Berikut beberapa manfaat dari tomat:

1. Mencegah Kanker

Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa orang yang makan tomat lebih banyak berisiko lebih rendah terkena kanker tertentu, terutama kanker paru-paru, perut dan prostat. Zat lycopene yang terkandung dalam tomat memberi efek perlindungan ini. Makan tomat dengan sedikit minyak zaitun, membantu lycopene terserap lebih baik oleh tubuh.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Tomat mengandung nutrisi penting, seperti niacin, asam folat dan vitamin B6, yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi 7 sampai 10 produk tomat per minggu memiliki risiko penyakit jantung 29 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi kurang dari satu setengah produk tomat.

3. Obat Penderita Diabetes

Tomat membantu mengendalikan gula darah karena mengandung kandungan kromium tinggi. Tomat pilihan makanan ringan yang bagus untuk penderita diabetes. Ketika gula darah merosot, penderita merasa murung, lesu, mudah marah, dan kelaparan, meningkatkan keinginan untuk mencari banyak makanan yang tidak tepat. Keinginan itu bisa diredakan dengan mengunyah tomat sebelum rasa lapar memuncak.

4. Menurunkan Kolesterol

Tomat mengandung vitamin B dan potasium. Vitamin B dan potasium dikenal menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Tomat makanan sehat bagi jantung.

5. Mencegah Kerusakan DNA

Tomat kaya akan antioksidan penting seperti vitamin C dan vitamin A. Vitamin ini bekerja untuk menangkis kerusakan DNA akibat radikal bebas. Tomat juga dapat membantu untuk menangkal penyakit terkait usia seperti aterosklerosis dan diabetes.

6. Baik Untuk Mata

Tak ingin cepat-cepat memakai kaca mata atau mengalami gangguan penglihatan? Tomat membantu mecegah gangguan penglihatan karena tomat kaya akan vitamin A.

7. Kurangi Risiko Ginjal

Tomat dipercaya mengurangi risiko ginjal dan batu empedu. Penelitian kesehatan menunjukkan untuk penyakit tersebut sebaiknya tomat dimakan tanpa bijinya.

8. Untuk Rambut dan Kulit

Lycopene banyak digunakan pada pembersih wajah. Nikmati manfaat perawatan kulit dengan masker tomat di wajah selama sekitar 10 menit. Makan tomat juga menyehatkan rambut. Selain dengan cara mengonsumsinya, tomat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut, yang berfungsi melembutkan dan mengkilaukan mahkota kepala.

9. Memperkuat Tulang

Tomat yang dilengkapi vitamin K dan kalsium membantu untuk memperkuat tulang. Kalsium dan vitamin K juga bagus untuk memperbaiki jaringan tulang setelah terjadi cedera. Gunakan beberapa tomat dalam salad atau menikmati secangkir hangat sup tomat selama masa pemulihan dari cedera.

10. Bantu Produksi Sperma

Laporan yang diterbitkan oleh Klinik Cleveland di Ohio mengumpulkan hasil studi kelompok-kelompok yang berbeda di seluruh dunia yang menunjukkan bahwa lycopene meningkatkan jumlah sperma dan kecepatan berenang sperma menuju sel telur, serta mengurangi jumlah sperma yang abnormal.

Sumber: http://www.dw.de/arrahmah.com

Posting Komentar untuk "Apa Saja Manfaat Tomat Bagi Tubuh Manusia?"