Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagi Anda Yang Susah Tidur Malam



Tips Agar Bisa Cepat Tidur

Saya mengalami susah tidur / insomnia akhir akhir ini .. tolong beri saya penjelasan mengapa saya susah tidur dan tolong berikan masukannya. Terima kasih.

Dari Raabzz via Tanya Ustadz for Android

Jawaban:

Sulit untuk tidur dapat dialami oleh siapa saja sesekali dalam hidupnya, dan hal ini biasanya dipicu oleh satu penyebab yang jelas, seperti stres atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein menjelang tidur, dan akan segera membaik begitu faktor penyebabnya dihilangkan. Sebab yang lebih serius seperti gangguan kecemasan, nyeri, dsb. yang harus diobati terlebih dulu.

Diantara hal yang dapat membantu mengatasi sulit tidur adalah dengan menerapkan sleep hygiene (kebiasaan tidur yang sehat), seperti:

  1. Cobalah untuk memulai tidur pada waktu yang sama setiap malamnya, dan bangun juga pada waktu yang sama di pagi harinya.
     
  2. Cobalah untuk tidak tidur lama di siang hari, karena hal itu dapat membuat susah mengantuk di malam harinya.
  • Hindari kafein, nikotin, dan alkohol di sore hari. Kafein dan nikotin adalah stimulan yang dapat membuat sulit tidur, sedangkan alkohol dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan mengurangi kualitas tidur. Terlebih lagi, keduanya haram untuk dikonsumsi.

  • Berolahragalah secara teratur, namun jangan lakukan menjelang waktu tidur karena dapat menstimulasi saraf dan menyebabkan terjaga lebih lama. Para ahli menyarankan untuk menghindari olahraga minimal 3-4 jam sebelum tidur.

  • Jangan mengkonsumsi makanan pada waktu larut, kecuali sedikit snack ringan menjelang tidur.
     
  • Buatlah ruangan tidur menjadi nyaman; pastikan pencahayaan redup, suasana tenang, dan tidak terlalu panas atau dingin. Jika takut gelap, cobalah tidur dengan menggunakan masker tidur. Jika masalahnya adalah kebisingan, cobalah menggunakan sumbat telinga, kipas angin, atau mesin yang mengeluarkan “white noise” untuk menutupi suara bising tsb.

  • Lakukan ritual rutin yang dapat merilekskan tubuh menjelang tidur. Membaca buku, atau mandi.
     
  • Hindari menggunakan tempat tidur untuk kegiatan lain selain tidur atau untuk yang sudah menikah, hubungan suami istri.

  • Jika sulit tidur dan tidak mengantuk, bangunlan dan lakukan kegiatan tenang seperti membaca atau yg tidak terlalu menstimulasi sampai merasa mengantuk.
     
  • Jika sulit tidur karena mengkhawatirkan sesuatu , cobalah membuat to-do list sebelum pergi tidur. Kegiatan ini dapat membantu untuk mengalihkan fokus dari mengkhawatirkan hal tsb sepanjang malam.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Posting Komentar untuk "Tips Bagi Anda Yang Susah Tidur Malam"