-->

Fakta Mengejutkan !!! Ternyata Lele Sumber Protein, Ini Penjelasanya



Lele, sebagaimana ikan air tawar yang lain merupakan salah satu sumber protein hewani. Selain lele, protein hewani bisa didapat dari telur, susu, unggas dan daging.

"Asupan protein sangat dibutuhkan saat orang sedang dalam masa pembentukan otot secara aktif. Protein pada lele dapat menyuplai kebutuhan protein tubuh, karena lele adalah salah satu bahan makanan sumber protein hewani," ujar Dr dr Luciana B Sutanto, MS, SpGK dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, saat berbincang dengan detikHealthdan ditulis pada Jumat (23/10/2015).

Selain dari hewani, kebutuhan protein tubuh juga dapat diperoleh dari bahan makanan sumber protein nabati seperti dari kedelai, kacang tanah, kacang merah dan lain-lain. Dalam protein itu ada yang namanya asam amino. Asam amino adalah molekul terkecil dari molekul protein.

Berstamina, Benarkah?

"Di setiap makanan yang mengandung protein itu berbeda-beda kandungan asam aminonya. Dalam hal ini, kandungan asam amino pada telur dan susu lebih tinggi dibandingkan dengan lele," sambung dr Luciana.

Berapa ekor lele dalam sehari yang dianjurkan? "Secukupnya saja, dianjurkan tidak setiap saat juga memakan lele. Lebih baik divariasikan, karena makanan yang mengandung protein tidak cuma ikan lele," saran dr Luciana.

Menurut dr Luciana, lele juga mengandung omega 3, sama seperti salmon. "Perbandingan omega 3 dan omega 6 pada ikan salmon 1:4 dan 1:6, sedangkan pada lele 1:4," jelasnya.

dr Luciana juga menyebut lele aman dikonsumsi ibu hamil. Sedangkan cara pengolahannya bisa apa saja, sesuai selera. Namun sebaiknya hindari menggunakan minyak goreng yang digunakan berkali-kali.

sumber: detik


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fakta Mengejutkan !!! Ternyata Lele Sumber Protein, Ini Penjelasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel